Bupati Humbahas Ajak Insan Pers Beritakan Kegiatan Secara Berimbang


Bupati-Humbahas-Ajak-Insan-Pers-Beritakan-Kegiatan-Secara-Berimbang

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora (2 kanan), didampingi Sekdakab Saul Situmorang dan Asisten I Pemerintahan Tonny Sihombing bersalaman dengan para wartawan yang bertugas di Humbahas usai temu pers di Pendopo. Komplek Kantor Bupati, Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Jumat (24/6)

Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor mengajak semua elemen masyarakat untuk bersikap bijak, terlebih kepada wartawan atau insan pers untuk memberitakan kegiatan-kegiatan atau informasi secara berimbang dan tetap berpedoman kepada UU Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pers.Dosmar menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada temu pers yang dibacakan oleh Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora di pendopo Komplek Kantor Bupati, Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (24/6),  yang dihadiri Sekdakab Saul Situmorang, Asisten I Pemerintahan, Tonny Sihombing, Kabag Humas Osborn Siahaan, para pimpinan SKPD dan puluhan wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Humbahas.

Pada kesempatan itu, Saut menyampaikan bahwa bupati dan dirinya akan bekerja semaksimal mungkin untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah Humbang Hasundutan. Namun diakui, dalam tindakan dan langkah mereka, ada yang melihat dari sudut pandang yang berbeda, sehingga menimbulkan perbedaan persepsi.

“Menyikapi hal seperti ini, saya mengajak semua elemen masyarakat untuk bersikap bijak dan terutama kepada rekan-rekan pers untuk memberitakan kegiatan-kegiatan secara berimbang, dan tetap berpedoman kepada UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Kami yakin dan percaya, rekan-rekan pers sudah lebih memahami hal ini dari pada masyarakat umum,” kata Saut saat membacakan sambutan bupati.

Lebih lanjut Saut menyampaikan, kegiatan dan kebijakan-kebijakan yang sudah diambil Pemkab Humbahas langsung menyentuh masyarakat dan tetap menjadi skala prioritas. Seperti pendidikan, infrastruktur, kesehatan, pertanian, perikanan dan peternakan.

“Prioritas-prioritas pembangunan tersebut sudah mulai kita laksanakan dengan berbagai kegiatan. Baru-baru ini kita sudah membantu para kelompok tani dengan memberikan 45 unit alat mesin pertanian, kita juga sudah menjalin kerjasama dengan Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Siborongborong,” kata Saut.

Sementara untuk mendukung pertanian, perikanan dan peternakan, Pemkab Humbahas selalu menganjurkan para petani untuk membentuk kelompok tani.  Dengan demikian, pemerintah bisa melakukan pelatihan-pelatihan dan memberikan bantuan-bantuan dengan manfaat yang terukur.

Pada kesempatan itu, bupati juga mengajak semua elemen masyarakat untuk mendukung konsep revolusi mental yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Dalam hal ini, kata dia, Pemkab Humbahas telah berkomitmen dan akan senantiasa melakukan sosialisasi terkait revolusi mental. Untuk itu, dia sangat mengharapkan revolusi mental juga bisa terlaksana di kalangan insan pers.

“Saya mengutip kata Prof Irham Taufiq, Hanya dua yang membuat dunia ini terang, pertama matahari di langit dan pers di dunia. Kalimat ini menekankan betapa pentingnya peran pers dalam menjadikan dunia terang tidak menjadi abu-abu. Demikian pula pejabat, harus paham betapa besarnya peran pers untuk menyiarkan segala aktifitas agar tersebar ke seluruh dunia. Wartawan pun harus berpedoman pada UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” tukasnya. (F02/f-kominfo hh)